Bantuan-Al-Quran

JBB Sukses Salurkan 2 Ribu Buku Tulis dan 100 Tas

SALIH.id, Padang – Jumat Berkah Berbagi (JBB) hasil kerjasama Masjid Al Quwait dan Rumah Gadang Basmo (RGB) Alumni SMA 1 Padang Tamatan 1987 telah selesai salurkan 100 kodi atau 2 ribu buku tulis dan 100 tas pada anak yatim pada pekan 29, Jumat, 8 Oktober 2021.

Koordinator JBB, Herwaty Taher mengatakan, penyaluran buku dan tas sekolah itu dilakukan dalam dua termen. Yakni pada pekan 28, Jumat (1/10/2021) dan pekan 29, pada Jumat (8/10/2021)

“Pada pekan 28 diperuntukkan untuk 50 orang anak SD dan SMP yatim dan dhuafa. Masing masing mereka mendapatkan 20 buku dan 1 tas. Sedangkan pekan 29 untuk SMP dan SMA, ” ujarnya.

Herwaty Taher yang juga seorang mualaf ini mengungkapkan 100 tas berasal dari David Haliyanto. Sedangkan 2 ribu buku tulis dari Yeyen Novel, Yetti Herawaty, Yantie Sabar, Aprilman, Niken, Mami, dr. Quintasari, dr. Gordian Rusydi dan dr. Sri Dewi Hayani. “Mereka semua dari Rumah Gadang Basamo Alumni 1987,” ujarnya.

Herwaty Taher yang juga Seksi Hubungan Sosial dan Kemasyarakatan Masjid Al Quwait ini mengungkapkan dari hasil pendataan, ada 152 anak yatim di Kelurahan Banuaran. Namun yang diberi tas hanya SD dan SMP/MTs. Khusus tingkat SMA/SMK/MA, mereka hanya diberi buku masing-masing masing 20 buah.

“Tas yang kita salurkan, kurang cocok untuk tingkat SMA, lantaran ukuran kecil. Jadi kita berharap juga ada donatur tas untuk tingkat SMA. Selain itu, juga dibutuhkan pakaian sekolah pada semua tingkat pendidikan,” ujar Herwaty Taher yang juga diamanahkan sebagai Ketua RT 01 RW 10 Banuaran ini.

Sementara Tokoh Masyarakat Banuaran, Drs. H. Hudi Sutomo dalam sambutannya berharap para penerima harus membalas bantuan donatur itu dengan meningkatkan semangat belajar.

“Jadikan bantuan para donatur itu sebagai pelecut semangat belajar. Tak punya bapak, bukan berarti hilangnya harapan dan cita-cita. Karena Allah telah memindahkan tanggung jawab bapak kita itu, pada seluruh kaum masyarakat, ” ujarnya.

Malahan ujarnya, bagi donatur juga momen untuk membuka pintu rezeki. “Allah Yang Maha Kuasa telah tegas menyatakan, menyantuni anak yatim dan dhuafa tidak akan membuat seseorang jadi miskin. Malahan sebaliknya akan makin membuka pintu rezeki, ” ujarnya.

Ketua Masjid Al Quwait Banuaran, Saribulih berterima kasih pada semua pihak yang telah berpartisipasi dan donasi dalam Jumat Berkah Berbagi (JBB). Apalagi kegiatan ini telah berjalan sampai pekan 29. Artinya sudah 29 pekan kegiatan JBB berlangsung secara berturut turut.

“Para donatur berasal dari lembaga dan perorangan. Baik dalam bentuk uang, makanan dan natura. Semoga Allah selalu memberi kesehatan dan makin membuka rezeki para dermawan yang telah peduli dengan program JBB, ” ujarnya.

Malahan ujar Saribulih, Perpustakaan Masjid Al Quwait juga makin banyak memiliki koleksi Al Quran dan buku bacaan. “Dalam beberapa pekan ini, kita juga telah menerima Al Qur’an, terjemahan dan untuk Tahfizh dari para donatur. Ini sangat kita syukuri, karena kita juga lagi mengembangkan Rumah Tahfizh. Mudah-mudahan juga ada donatur untuk berbagai kegiatan keagaaman ini. Apalagi kita juga lagi butuh Proyektor, alat audio untuk Tahfizh dan lainnya, ” ujarnya.

Bagi yang ingin berbagi rezeki ujar Saribulih, silahkan hubungi koordinator JBB Herwaty Taher di nomor 0852 6353 7902 atau Penanggung Jawab JBB, Saribulih di nomor 0812 678 8357. (rel)